Berners-Lee

Tim Berners-Lee

Penemuan teknologi telah terbukti makin mengembangkan kehidupan manusia di dunia. Dengan temuan itu, manusia makin dimudahkan dalam kehidupannya. Untuk itu, tak salah jika menghormati para penemu di berbagai belahan dunia.

Seperti hari ini, Senin 29 September 2014, di berbagai belahan dunia diperingati sebagai Hari Penemu. Berdasarkan IBTimes, hari ini, beberapa temuan yang dianggap berkontribusi bagi perubahan dunia di antaranya world wide web, roda hingga kontrasepsi.

Berikut beberapa temuan tersebut :

Kompas
 
Sebelum diperkenalkannya alat kompas itu, penentuan arah, posisi maupun tujuan di laut mengandalkan pengamatan posisi bintang maupun bentuk langit.
Namun, setelah ditemukannya kompas, di Tiongkok pada abad ke-9 dan 11, mampu mengubah cara orang untuk mencari posisi tertentu. Pada awalnya, kompas dibuat dari batu magnet. Catatan mengenai penggunaan kompas ini ditemukan pada referensi sastra terawal Tiongkok pada tulisan Wang Xu pada abad ke-4 sebelum Masehi.
Mesin Pembakaran Internal
 
Temuan ini muncul pada paruh kedua abad 19 yang menghiasi perkembangan di masa industri. Pada mesin ini, pembakaran bahan bakar melepaskan gas bersuhu tinggi, dan pada akhirnya memperluas serta memberikan gaya pada piston. Dengan temuan ini, merevolusi mesin mobil dan pesawat modern.
Komputer
 
Barangkali, dunia saat ini tak terbayangkan bila tanpa adanya mesin komputer.
Mesin komputer pertama kali dikembangkan oleh Charles Babbage, seorang insinyur mekanik dan matematika. Awalnya, ia mengembangkan konsep komputer yang mampu diprogramkan, hingga akhirnya ia menemukan mesin komputer pertama pada awal abad 19.
Sementara itu, prinsip komputer modern pertama kali digambarkan ilmuwan komputer, Alan Turing, dalam sebuah makalah pada 1936.
Penisilin
 
Penisilin merupakan kelompok antibiotik yang dihasilkan dari jamur Penicillium. Penemuan penisilin dialamatkan kepada ilmuwan Skotlandia dan pemenang nobel, Alexander Fleming pada 1928.
Fleming menggambarkan, jika Penicillium rubens ditumbuhkan dalam substrat yang tepat, akan memancarkan zat dengan sifat antibiotik.
Selanjutnya, para ahli kimia memurnikan penisilin dan mengembangkan menjadi obat penisilin, yang mana banyak berkontribusi penyembuhan infeksi pada manusia. Penisilin diproduksi massal pada 1944.
Roda
 
Benda ini telah menjadi bagian penting pada kendaraan, mulai dari sepeda, motor sampai mobil.
Roda ditemukan sejak 3500 sebelum masehi. Dengan benda ini fasilitas pertanian sampai perdagangan bisa mengirimkan barang-barang. Bagaimanapun keberadaan benda itu telah mengubah kehidupan manusia dan digunakan pada hampir semua kendaraan.

World Wide Web (WWW)
Ditemukan oleh Tim Berners-Lee, Pada 12 Maret 1989, saat itu ia menuliskan proposal yang pada akhirnya akan menjadi World Wide Web (www), cikal bakal internet.

Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Institut Teknologi Massachusetts, Amerika Serikat. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web yakni Berners-Lee tak mematenkan temuannya, sehingga masih bisa digunakan secara bebas.

Bola Lampu

Thomas Edison merupakan penemu utama di balik temuan bola lampu, karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang benar-benar fungsional. Edison juga berkontribusi dalam menemukan generator, kabel serta bola karbon filamen.

Sementara itu, menurut para sejarawan, temuan bola lampu ini melibatkan dua lusin orang sepanjang 1800-an.

Alat Kontrasepsi

Alat yang difungsikan untuk menekan angka kelahiran dan penyebaran virus HIV ini nyatanya sudah dipraktikkan sejak zaman kuno.

Konsep kontrasepsi sudah ditemukan pada deskripsi Ebers Papyrus Mesir pada 1550 sebelum Masehi serta Kahun Papyrus pada 1850 sebelum Masehi. Namun saat itu, orang belum menggunakan alat kontrasepsi seperti saat ini. Dahulu orang menggunakan daun akasia, dipadu dengan madu dan serat, yang ditempatkan pada alat kelamin perempuan. Alat itu digunakan untuk memblokir sperma.
Selanjutnya, pada awal abad ke-19 dan 20, saat gerakan pengendalian kelahiran menggema, Gregory Pincus dan John Rock dengan bantuan Planned Parenthood Federation of America, mengembangkan pil KB pertama pada 1950-an. Alat pengendalian kelahiran ini kemudian tersedia secara umum pada 1960.

Telepon

Teknologi ini telah dirasakan manfaatnya bagi warga dunia. Dengan temuan ini, semua orang dapat terhubung, meski berbeda ruang dan waktu.

Ditemukan pertama kali Alexander Graham Bell pada 1876. Saat itu, telepon listrik mampu mentransmisikan pesan secara langsung.

Penemuan ini pun dengan cepat merevolusi bisnis global dan komunikasi.

Kertas

Benda ini ditemukan pada masa Tiongkok kuno selama Dinasti Han (206-220 sebelum Masehi) dan kemudian menyebar perlahan-lahan ke Barat melalui jalur perdagangan Jalur Sutra.

Sebelum munculnya kertas, masyarakat kuno menggunakan papirus, perkamen, dan daun kelapa. Namun, bahan ini dianggap mahal dan ketersediaan pasokannya sedikit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s