Pemilu 2014 dan Anak Zaman Peralihan (part III)

Memilih Jokowi artinya memilih fase berikutnya dari demokrasi: Meritokrasi. Fase di mana semua warga negara, tak peduli kelas ekonominya saat ia lahir, tak peduli siapa orang tuanya, memperoleh kesempatan yang sama untuk berkontribusi terhadap negara. Bahkan di level tertinggi sebagai seorang Presiden. Jika Jokowi sang anak Tukang Kayu bisa menjadi Presiden RI, maka di tahun-tahun berikutnya mungkin giliran Kusni si anak Nelayan, atau Aceng si anak pemulung. Indonesia menjadi negeri harapan untuk semua orang, yang tidak terbatas lagi untuk keluarga penguasa tertentu atau kelas tertentu. Selama seseorang berusaha dengan jujur, dengan kerja keras, hasil kerjanya akan diapresiasi oleh publik, seperti Jokowi.

mind over matter

Bila bagian pertama tulisan ini adalah prolog mengenai opini saya seputar Pilpres 2014, dan bagian kedua adalah soal figur Prabowo Subianto capres nomor 1, maka bagian ketiga ini akan berisi tentang figur Jokowi sebagai capres nomor 2 dan ditutup dengan pilihan pribadi saya.

Bila Prabowo adalah soal Ambisi, maka Jokowi adalah soal Kesempatan. Ambisi dan Kesempatan berbeda namun memiliki keserupaan. Yang pertama adalah soal sesuatu yang dicita-citakan dari dalam dan yang kedua adalah soal sesuatu yang hadir dari luar. Kesamaannya ada pada bila kedua hal itu tidak terealisasikan, maka tak akan terjadi perubahan dalam hidup. Ambisi dan Kesempatan juga perlu faktor-faktor penunjang lainnya dari dalam dan luar diri agar bisa berwujud menjadi Keberhasilan.

Kesempatan Anak Tukang Kayu

Berbeda dengan Prabowo yang lahir dari keluarga terpandang, sekolah di luar negeri dan memulai karir dengan mulus di militer, Jokowi adalah anak orang biasa saja. Ia lahir di tahun 1961, sepuluh tahun lebih muda…

View original post 1,742 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s