Dari Mereka yang Tidak Mengenal Konsep Pencitraan

“Masnya waktu 2007 di Solo tidak? Ini dari daerah situ (sambil menunjuk daerah atas sungai) sampai sana kelelep (tenggelam) semua. Tinggal atapnya saja, mas. Nah setelah itu yang dipindahin semua sama Pak Jokowi. Rumah-rumah yang dipinggiran situ (menunjuk satu arah lagi) dipindahin semua mas. Sudah dipindahin disedian tanah dan rumah baru ke Mojoloyo (saya kurang mendengar dengan jelas nama daerah ini, jadi bisa tidak akurat) Dikasih sertifikat juga. Cuman Pak Jokowi yang bisa gitu mas. Walikota-walikota sebelumnya ya dibiarin aja. Makanya belum selesai jadi walikota ditarik jadi gubernur, trus ditarik lagi jadi presiden.”

Tulisan Krisnanda

Libur panjang nasional kemarin saya menjadi tour guide dadakan untuk beberapa teman dari Jakarta yang mengunjungi Solo. Dengan mengendarai sepeda kami berkeliling di kampung-kampung pinggiran kota Solo. Berhubung sedang panas-panasnya perang antara Prabowo dan Jokowi, saya pun iseng-iseng tanya kepada warga Solo yang kami temui tentang pilihan mereka untuk pemilu mendatang. Karena Jokowi pernah menjadi walikota selama beberapa tahun tentu bisa ditebak bahwa preferensi mereka akan condong pada Jokowi. Namun yang menurut saya unik adalah ucapan dari orang-orang ini. Mereka yang tidak mengenal konsep pencitraan. Berikut hanya saya tulis kesaksian tiga orang dari beberapa orang yang saya wawancara. Tentunya kalimat mereka sudah saya  paraphrase (karena saya hanya mengingat inti ucapan mereka) dan terjemahkan ke bahasa Indonesa (karena mereka semua berbicara ke saya dalam bahasa Jawa)

Si Bapak Pengayuh Sampan (BPS)

Si Bapak Pengayuh Sampan Si Bapak Pengayuh Sampan

Untuk melewati sungai Bengawan Solo, kami menyebrang dengan sampan dari kayu. Pengalaman yang selalu unik untuk…

View original post 848 more words

Leave a Reply

