Mengenal Gubernur Kedua DKI Jakarta, Henk Ngantung

 

Evi dan foto Henk (Edward/ detikcom)

 

Jakarta Tak banyak warga DKI Jakarta yang mengenal sosok Hendrik Joe Hermanus Ngantung. Namanya kalah mentereng oleh nama-nama gubernur suksesornya semacam Ali Sadikin atau Sutiyoso, padahal pria yang lebih populer dipanggil Henk Ngantung itu adalah gubernur kedua DKI Jakarta.

“Pak Henk menjabat sebagai gubernur dari tahun 1964-1965. Sebelumnya ia menjadi wakil gubernur Sumarno,” ujar sang istri Evi Mames (73) di rumahnya Jl. Jambu No 25 Rt 07 Rw 04, Dewi Sartika, Jakarta Timur, Kamis, (9/8/2012).

Sebagai seorang seniman berdarah Tionghoa tidak sedikit jasa yang disumbangkannya. Evi menceritakan kalau suaminya itu adalah orang yang berada di balik terciptanya lambang DKI.

“Pak Henk merupakan pembuat konsep lambang DKI, lambang kostrad, pembuat sketsa tugu tani, ketika membuat lambang kostrad beliau mendapatkan penghargaan dari Soeharto,” tuturnya.

Darah senimannya itu pula yang membuat Henk dekat dengan Presiden Soekarno. Bung Karno ingin DKI Jakarta dibangun dengan budaya dan berseni.

“Kedekatan beliau itu dapat dilihat ketika setiap harinya beliau selalu di panggil ke istana negara bertemu dengan Bung Karno,” ujar wanita berkaca mata itu.

Semenjak suaminya meninggal pada tanggal 12 Desember 1991, Evi tinggal seorang diri di sebuah rumah di gang kecil yang mampu dilewati orang. Di dalam gang tersebut terdapat sebuah rumah yang tampak tidak terawat dengan tanah seluas 2.440 m2.

“Yah inilah harta satu-satunya yang saya miliki dengan suami saya, sejak suami saya tutup usia,” kenangnya.

Evi tidak mempermasalahkan tidak ada harta berlimpah yang diwariskan suaminya. Dia merasa kerasan hidup di rumah itu karena memiliki tetangga yang baik.

“Saya tidak takut tinggal seorang diri di sini. Sesekali anak saya datang ke sini,” tandasnya.

(edo/gah)

 

http://news.detik.com/read/2012/08/10/094449/1987983/10/mengenal-sang-seniman-gubernur-dki-henk-ngantung?991101mainnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s